THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

About Me

Foto saya
poh-krepohh .. suka cenyum .. tinggi .. etc ..

Rabu, 24 Desember 2008

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MELAKUKAN KONEKSI INTERNET

Secara umum, untuk melakukan koneksi ke Internet, Anda perlu menghubungkan sebuah ISP. Untuk memilih ISP, Anda perlu mempertimbangkan fasilitas yang disediakan oleh ISP tersebut. Fasilitas dari ISP dapat berupa bantuan instlasi (pemasangan), kemudian pengaksesan, dan layanan servis kerusakan sambungan. Di samping itu, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan besar biaya yang harus Anda keluarkan jika menggunakan layanan ISP tersebut.
Perusahaan ISP bertugas menghubungkan komputer Anda melalui saluran komunikasi ke server ISP yang sudah terhubung ke internet. Perusahaan ISP itu sendiri terhubung ke Internet menggunakan jasa ISP lain, biasanya di Singapura, Hongkong dan AS, melalui saluran khusus seperti kabel FO atau saluran satelit. Jika Anda mendaftar ke suatu ISP, misalnya Wasantara Net, Idola Net, atau Rad Net, Anda akan dikenai biaya pendaftaran, biaya abunemen, dan biaya pemakaian bulanan.
Sebagai pelanggan internet dari ISP, Anda akan mendapatkan User ID dan Password serta nomor ISP tersebut pada saat mendaftar. User IS dan password merupakan informasi yang sifatnya rahasia dan hanya diketahui oleh Anda sebagai pelanggan ISP. User ID dan password selalu diperlukan setiap kali Anda mengakses Internet melalui ISP langganan Anda.
User ID dan password untuk mengakses Internet hanya diberikan oleh ISP kepada pelanngan yang telah terdaftar. Beberapa layanan Internet yang memerlukan user ID dan password antara lain adalah : pemakaian e-mail, pembuatan home pagepribadi, pemakaian newsgroup, pemakain fasilitas chating (seperti Yahoo Messenger, IRC, dan ICQ), pemakaian FTP, dan pemakaian TelNet.
Untuk mendapatkan user ID dan password yang diperlukan untuk menggunakan masing-masing layanan tersebut, Anda dapat mendaftar secara online (misalnya untuk mendapatkan alamat Webmail gratis, alamat home page pribadi gratis, dan lain-lain). Untuk menjaga privasi dan menjaga keamanan data, informasi dan lain-lain sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja.

1. Mempersiapkan Konfigurasi Perangkat Keras
Langkah-langkah dalam konfigurasi perangkat keras untuk akses Internet adalah sebagai berikut.
Memasang modem:
ü Hubungkan kabel modem ke port serial/USB di komputer Anda
ü Lepaskan kabel koneksi saluran telepon ke kotak telepon dan sambungkan kabel tersebut ke modem
ü Sambungkan sumber arus listrik modem ke stop kontas dengan menggunakan adaptor AC-DC.

Install software driver modem tersebut
ü Klik Start – Control Panel – Printer and Other Hardware – Phone and Modem Options
ü Pilis submenu Modems, klik tomobol Add
ü Pilih jenis modem yang sesuai yang dipakai
ü Masukkan disker driver pada drive A atau CD modem pada drive CD-ROM. Ikuti petunjuk yang ada

Set informasi untuk mengakses Internet melalui sebuah ISP
ü Klik Start – All Program – Accessories – Communication – New Connection Wizard
ü Pilih Next – Connect to the internet – set up my connectivity manually – connect using a dial-up modem – isi ISP name
ü Tuliskan nomor telepon ISP. Untuk Telkomnet Instan, gunakan nomor 080989999 kemudian Next terus masukkan user name dan password kemudai Next dan klik Finish

2. Menyiapkan Web Browser
Ada banyak browser yang dapat digunakan untuk menjelajah Internet. Beberapa program yang sangat terkenal adalah MS Internet Explorer, Netscpae Navigator, Maxthon, Mozilla Firefox, dan Opera. Maxthon merupakan browser yang kompatibel demgam MS Internet Explorer dengan fasilitas tambahan (Add-in) yang lebih banyak dan lebih nyaman dipakai daripada MS Internet Explorer. Apabila Maxthon dan MS Internet Explorer hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows, Netscape Navigator dapat dijalankan pada hampir semua sistem operasi, termasuk Linux dan Unix. Hampir semua program browser internet dapat diperoleh secata gratis dengan mendownload di Internet.

0 komentar: